Wednesday, September 25, 2013

bunga dari sedotan

Bunga Sedotan...banyak yang bilang kaloBunga Sedotan itu bunga yang "murahan" karena terbuat dari sedotan yang memang "murah meriah". Tapiii... murah meriah itu  gak harus murahan kan...Kerajinan ini sebenarnya kerajinan tangan yang udah "jadul", tapi masih ada saja ketika orang pertama kali melihat kerajinan tangan Bunga Sedotan ini langsung nanya, "Bunganya di buat dari apa?"...dan reaksi mereka cukup takjub, ketika saya bilang bunga ini dari sedotan. Saya pernah menerbitkan sebuah buku pada tahun 1995 dengan judul "BUNGA CANTIK DARI SEDOTAN", penerbitnya: Puspawara.







Alat-alat untuk membuat Bunga Sedotan
Alat-alatnya sederhana dan mudah di dapat, seperti gunting, tang, kawat tembaga, dan ada 2 bahan khusus yaitu sisir sedotan dan jarum suntik. Kedua bahan khusus ini, sekarang memang sudah agak jarang di jual, sehingga sisir  sedotan dapat di ganti dengan penggaris besi yg ujung siku-sikunya tajam, dan jarum suntik dapat di ganti dengan jarum pentul.
1. Gunting untuk memotong sedotan menjadi beberapa bagian, sesuai besar bunga yang akan di buat.
2.  Tang untuk memotong kawat dan batang pohon plastik.
3. Kawat tembaga untuk mengikat kelopak-kelopak bunga, menyatukannya menjadi bunga yang utuh.
4. Sisir sedotan untuk membuat alur-alur pada kelopak bunga sehingga bunganya terlihat alami.
5. Jarum Suntik untuk melubangi kelopak bunga, dan memudahkan kawat mudah masuk.
Sedotan untuk Bunga Sedotan 

Sekarang, mengenai sedotannya. Sebenarnya ada sedotan khusus untuk membuat bunga sedotan, bentuknya sih sama...ya bulat panjang gitu, tapi sedotan untuk bunga sedotan ini bahannya lebih lembut,  lebih tebal, diameternya lebih besar, dan bahannya tidak se transparants sedotan minuman. Tapi, kalo ingin memakai sedotan minuman ya gak masalah sih...cuma kelopak bunganya, jadinya lebih sempit dan lebih cocok di pakai untuk bunga-bunga kecil.


Selain alat-alat dan sedotan, masih ada bahan pendukung lain seperti bermacam-macam batang dan putik.



Hai..ketemu lagi, sekarang saya mau mengulas cara membuat Bunga dari Sedotan.
Ada 2 cara untuk membuat Bunga dari Sedotan:
1. Di susun bertumpuk, misalnya mawar, tulip, anggrek, bunga lili, bungaterompet dan bunga bunga kecil, contoh di web ini misalnya bunga sakura.
2. Di jahit dengan kawat, biasanya bunga-bunga sedang dan besar, misalnya krisan, teratai dll.

Oke, Saya mulai yah..
Pertama-tama untuk menentukan besarnya bunga yang akan di buat, maka sedotannya harus di gunting menjadi beberapa bagian, yang umum adalah:  1sedotan dibagi menjadi:  3, 4, 5 (4,7 cm), 6 dan 8 bagian yang sama besar.

                                  
Pada waktu menggunting (kecuali menjadi 5 bagian), tidak usah di ukur, tapi di lipat saja lalu di gunting lalu di ratakan menjadi sama besar. Sebelum menggunting, sedotannya di pipihkan atau di gepeng kan dulu dengan gunting, caranya dengan menggesek kuat gunting ke sedotan dari ujung ke ujung (he..he..bahasaku ancur boo, bingung nulisnya..).
Gunanya supaya waktu melipatnya menjadi lebih mudah dan hasil guntingan lebih rapih.
Sedotan yang di gunting menjadi 3 bagian, tidak usah di ukur, tapi cukup di lipat saja menjadi 3 bagian yang sama besar lalu di gunting
cara melipat sedotan menjadi 3 bagian
Sedotan yang di gunting menjadi 4 bagian, dengan cara melipat 2 sedotan, lalu di gunting dan masing-masing potongannya di lipat lagi menjadi 2 bagian sama besar dan gunting lagi.
membagi sedotan menjadi 4 bagian dengan cara menggunting sedotan menjadi 2, lalu masing-masing potongan di gunting lagi menjadi 2 bagian.

Jika ingin membagi sedotan menjadi 5 bagian, saya ukur memakai penggaris dan 1 potongannya di ukur kira-kira 4,7 cm panjangnya.

Sedotan yang di bagi menjadi 6 bagian, pertama-tama lipat 2 sedotan dan gunting menjadi 2 bagian yang sama besar, lalu masing-masing bagian di lipat menjadi 3 bagian dan di gunting lagi.
di bagi menjadi 6 bagian
Ada juga bunga yang sedotannya di bagi menjadi 8 bagian, di bagi dan digunting dengan cara yang sama seperti di atas.

Sisir sedotan tidak selalu harus di pakai, sebenarnya tidak ada tehnik khusus untuk memakai sisir sedotan, tapi biasanya hasil akhir setiap orang akan beda, tapi untuk mempergunakannya perlu latihan supaya hasilnya lebih baik,